informasi tentang gedung dan desain

TATA RUANG KANTOR (LAYOUT)


Pengertian Tata Ruangan Kantor
Menurut Quible (2002), Layout menerangkan pemakaian ruangan dengan cara efisien dan mapu memberi kenikmatan pada pegawai pada pekerjaan yang dikerjakan, ataupun memberi kesan yang mendalam untuk si pegawai.

Menurut Littlefield serta Peterson (1956), layout adalah pengaturan perlengkapan serta perlengkapan kantor pada luas lantai yang ada. Menurut Terry (1966), layout sebagai sistem pemilihan keperluan bakal ruangan serta an mengenai pemakaian ruang dengan cara terinci manfaat mempersiapkan susunan yang praktis dari beberapa aspek fisik yang dikira butuh untuk proses kerja perkantoran dengan cost yang layak. jika anda ingin bekerja dengan nyaman cari tempat sewa kantor yang benar-sesuai dengan kebutuhan anda.

Layout kantor yang efisien bakal memberi faedah seperti berikut :
a. memaksimalkan pemakaian ruangan yang ada dengan cara fektif
b. meningkatkan lingkungan kerja yang nyaman untuk pegawai
c. memberi kesan yang positif pada pelanggan perusahaan
d. menanggung efisiensi dari arus kerja yang ada
e. tingkatkan produktivitas kerja pegawai
f. menghadapi pengembangan organisasi di hari esok dengan lakukan rencana layout yang fleksibel.

Selanjutnya, Gustafsson (2002) merekomendasikan kalau dalam rencana layout organisasi semestinya memerhatikan trend pekerjaan di hari esok, yakni :
1. Pekerjaan berbasiskan tim (work-based teams). Saat ini pemakaian tim jadi andalan organisasi dalam menyesuaikan dengan lingkungan yang beralih dengan cara dinamis. Dengan ciri-ciri paling utama yang dinamis, kantor memiliki konsep terbuka serta pengoptimalan pemakaian ruangan rapat mesti diperhitungkan oleh organisasi dalam rencana layout.

2. Telecommuting. Meningkatnya trend pegawai yang melakukan pekerjaannya dirumah atau tempat yang bukanlah kantor “formal”. Meskipun keperluan bakal ruanga kantor bisa diminimalkan, tetapi butuh diperhitungkan dimana pegawai yang disebut ketika bakal menggunakan waktunya di kantor lantaran atasan tengah mengajak rapat mingguan atau bulanan. Jadi ruang berbarengan yang bisa dibagi dengan telecommuter mesti tetaplah disiapkan.
3. Hoteling. Makin banyak pegawai yang setiap hari ada di lapagan (terlebih divisi penjualan) memerlukan ruang kantor yang maksimal, lantaran cuma ketika spesifik mereka datang serta memerlukan ruang.

2. 2 Faedah Tata Ruangan Kantor
Tata ruangan kantor yang baik bakal berguna untuk organisasi yang berkaitan dalam merampungkan pekerjaan. Pada pokoknya bakal didapat keuntungan– keuntungan seperti berikut :
a. Menghindar penghamburan tenaga serta saat beberapa pegawai lantaran jalan bolak-balik yang semestinya tak perlu.
b. Menanggung kelancaraan sistem pekerjaan yang berkaitan.
c. Sangat mungkin penggunaan ruangan kerja dengan cara efektif, yakni satu lantai spesifik bisa dipakai untuk kepentingan yang sebanyak–banyaknya.
d. Menghindar beberapa pegawai dibagian lain terganggu oleh umum yang bakal menjumpai satu sisi spesifik.

Dalam membuat ruangan kerja perkantoran, terdapat banyak maksud yang diraih. Maksud itu adalah juga prasyarat yang semestinya dipenuhi dalam tiap-tiap tata ruangan kantor yang baik. Maksud yang semestinya jadikan dasar adalah :
a. Pekerjaan di kantor itu dalam sistem pengerjaannya bisa meniti jarak yang sependek mungkin
b. Rangkaian kesibukan tata susaha bisa mengalir dengan cara lancar
c. Seluruh ruangan dipakai dengan cara efektif untuk kepentingan pekerjaan
d. Kesehatan serta kenikmatan bekerja beberapa pegawai bisa terpelihara
e. Pegawasan terhadappekerjaan bisa berjalan dengan cara memuaskan
f. Pihak luar yang berkunjung ke kantor yagn berkaitan memperoleh kesan yang baik mengenai organisasi
g. Susunan tempat kerja bisa dipakai untuk beragam pekerjaan serta gampang dirubah sewaktu–waktu dibutuhkan

Geoffry serta Mills serta Oliver Standingford menyatakan kalau beragam maksud pengaturan tata ruangan yang baik untuk satu kantor adalah :
a. Kriteria peratutan perundang–undangnya dipenuhi
b. Ruangan dipakai hingga faedah yang terbesar
c. Pelayanan–pelayanan ada selama dibutuhkan tenaga listrik, telephone serta lain–lain
d. Kriteria kerja yang baik disiapkan untuk tiap-tiap orang
e. Pengawasan bisa lihat beberapa petugas tengah bekerja
f. Rasa kesatuan serta kesetiaan pada grup kerja dipelihara
g. Komunikasi serta arus kerja diperlancar
h. Jalan raya beberapa petugas tata usaha di antara meja serta lemari arsip dipisahkan
i. Sama-sama mengganggu diantara beberapa juru tata usaha dihindarkan
j. Kebebasan diri serta keamanan diupayakan selama perlu

2. 3 Azas Tata Ruangan Kantor
Richard Muthler menyampaikan 6 azas tentang pokok tata ruangan pabrik yang paling baik. Walaupun azas asas ditujukan untuk tempat kerja yang tugasnya membuahkan satu barang, tetapi dengan penyesuaian sekedarnya dapatkah sebagian salah satunya jadikan basic untuk tata ruangan kantor. Sebagian azas itu salah satunya adalah :
a. Azas tentang jarak terpendek
Dengan tak meremehkan hal–hal spesial, satu tata ruangan yang paling baik adalah yang sangat mungkin sistem penyelesaian suatu hal pekerjaan meniti jarak yang terpendek–pendeknya. Dalam soal ini garis lurus pada 2 titik yaitu jarak yang terpendek. Dalam membuat tempat kerja serta mengambil keputusan alat–alat sebaiknya azas ini digerakkan sejauh mungkin saja.
b. Azas tentang rangkaian kerja
Dengan tak meremehkan hal–hal spesial, tata ruangan yang baik yaitu yang meletakkan beberapa pegawai serta alat–alat kantor menurut rangkaian yang searah dengan urut–urutan penyelesaian pekerjaan yang berkaitan. Azas ini adalah sisi dari azas tentang jarak terpendek. Menurut azas ini satu pekerjaan mesti selalu bergerak maju dari permulaan ditangani hingga usai ditangani, tak ada gerakan mundur atau menyilang. Hal semacam ini bermakna kalau jalan yang ditempuh mesti senantiasa berupa garis lurus. Yang terutama adalah sistem itu senantiasa menghadap maju ke depan menuju penyelesaian. Memiliki bentuk bisa berbentuk garis bersiku atau lingkaran atau berupa huruf L atau U.

c. Azas tentang pemakaian seluruh ruang
Satu tata ruangan yang baik adalah yang mempergunakan seutuhnya semuanya ruangan yang ada. Ruangan itu bukan sekedar yang berbentuk luas lantai saja (ruangan datar). Tetapi juga ruangan yang vertikal ke atas ataupun ke bawah. Jadi di tidak mungkin tak ada ruagn yagn dilewatkan tak terpakai
d. Azas tentang pergantian susunan tempat kerja
Dengan tak meremehkan hal–hal spesial, satu tata ruangan yang paling baik adalah yang bisa dirubah atau disusun kembali dengan tak terlalu sulit atau tak mengonsumsi cost yang begitu besar.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "TATA RUANG KANTOR (LAYOUT)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top